Kamis, 04 Januari 2018

Beberapa Cara Mencegah Serangan Cyber Crime

Saat ini teknologi internet semakin berkembang dan tentunya banyak juga kejahatan yang setiap saat menyerang kapan saja, baik industri kecil maupun besar. Bahkan, beberapa situs pemerintah pun bisa menjadi sasaran empuk bagi para hacker. Maka dari itu, salah satunya adalah menggunakan VPN murah untuk mencegah serangan cyber crime yang akan saya jelaskan di akhir artikel ini.

Tujuannya pun beragam.

Karena adanya urusan politik, bisnis, bahkan hanya sekadar iseng belaka demi mencapai target mereka dalam meretas sebuah situs internet.

Menurut sebuah survei yang dilakukan pada 2013 lalu oleh Small Business Technology, sebanyak 845 pemilik usaha kecil dan menengah dari berbagai jenis industri di Amerika Serikat menderita kerugian sekitar $8700 (sekitar 950 juta rupiah) dalam setahun akibat serangan-serangan kejahatan internet (kejahatan cyber).

Untuk melindungi diri Anda dan juga untuk mencegah kerugian-kerugian yang tidak diinginkan pada bisnis Anda (dan juga kepusingan yang mungkin menyertai serangan-serangan kejahatan cyber tersebut), berikut ini ada beberapa tips yang bisa saya berikan:

Baca Juga:
Manfaat Menggunakan Aplikasi VPN di Smartphone

Komputer Up-to-date

Salah satu cara paling sederhana (dan juga termasuk yang paling efektif) dalam mencegah hacker-hacker dan para kriminil cyber lainnya dalam melakukan hacking dan mencuri informasi sensitif milik Anda adalah dengan tetap menjaga setiap komputer (PC dan Laptop serta perangkat gadget milik Anda lainnya) agar tetap ter-up-to-date. Vendor-vendor PC dan Laptop serta perangkat gadget milik Anda akan secara berkala mengeluarkan update-update untuk perangkat Anda.

Beberapa Cara Mencegah Serangan Cyber Crime
Beberapa Cara Mencegah Serangan Cyber Crime

Seringkali update-update ini memang ditujukan untuk menutup celah keamanan yang mungkin ada pada perangkat milik Anda tersebut. Agar supaya Anda bisa mencegah para penjahat cyber dalam mencuri informasi sensitif milik Anda, selalu ikuti rekomendasi update yang diberikan oleh para vendor perangkat milik Anda tersebut. Tak lupa Anda juga harus senantiasa melakukan update terhadap browser dan plugin-plugin lain yang mungkin Anda gunakan juga.

Gunakan Password yang Kuat

Saat ini ada begitu banyak situs online yang akan menyimpan informasi pribadi Anda (email, berbagai situs sosial media, situs-situs toko online yang mungkin meminta Anda untuk mendaftar sebagai membernya, dll).

Oleh karena itu, amatlah penting bagi kita semua untuk melindungi informasi-informasi penting tersebut terutama sekali dengan cara menggunakan password yang baik dan kuat.

Instal Antivirus

Software antivirus digunakan untuk mencegah, mendeteksi dan menghilangkan berbagai malware seperti: virus komputer, hijackers, ransomware, keyloggers, backdoors, rootkits, trojan horse, worms, malicious LSPs, dialers, fraudtools, adware dan spyware. Sebagai seorang pemilik bisnis, adalah amat krusial bagi Anda untuk melakukan investasi pada sebuah software antivirus untuk digunakan di berbagai komputer perusahaan Anda.

Software antivirus wajib adanya terkhusus bagi komputer yang menyimpan informasi sensitif milik customer-customer Anda.

Pasang VPN

Saat ini banyak penyedia VPN murah yang bisa Anda jadikan rujukan. Apalagi banyak fungsi VPN yang bisa Anda dapatkan, misalnya: mengamankan transaksi Anda ketika sedang terkoneksi dengan jaringan internet dan dapat menutupi aktivitas browsing yang Anda lakukan.

Di samping itu, VPN juga sangat berguna bagi siapa saja. Anda pun dapat mengakses situs web yang diblokir oleh host maupun ISP, mengakses konten dari situs yang mengalami sensor, bahkan dengan menggunakan VPN juga dapat meningkatkan kecepatan download file dari internet.

Baca Juga:
Pengertian Root dan Kegunaan dari Fungsi Root

Nah, tentunya Anda bisa mencari tahu layanan VPN murah yang bisa diinstal di berbagai platform, seperti windows, ios, android, maupun osx.

Demikian artikel singkat tentang beberapa cara mencegah serangan cyber crime yang bisa saya jelaskan dan semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon